Kerangka Jembatan Baja
- Jembatan Cawang Priok didirikan pada tahun 1980-an dengan peraturan yang berlaku pada waktu
- pembangunannya. Seiring dengan bertambahnya waktu, maka telah terjadi beberapa gempa besar di
- Indonesia. Dikarenakan oleh terjadinya gempa besar, dan juga dikarenakan oleh berkembangnya ilmu
- pengetahuan, maka peraturan gempa pada saat ini sudah mengalami perubahan dibandingkan dengan
- peraturan pada tahun 1980-an. Pada tesis ini dibahas tentang kapasitas pier dan pierhead pada jembatan
- Cawang-Priok terhadap beban gempa dan beban lalu lintas menurut peraturan yang dipakai pada saat
- ini. Dengan menggunakan bantuan program SAP 2000 dan Response 2000, maka didapatkan hasil
- bahwa struktur pier, pierhead, juga angkur pada pier masih mampu menopang beban gempa dan beban
- lalu lintas sekarang. Pengecekan pendetailan tulangan akibat gaya geser, momen, dan aksial pada pier
- dan pierhead juga menunjukkan bahwa tulangan yang ada masih memenuhi pesyaratan yang
- diperlukan. Namun untuk mencegah deformasi besar yang terjadi pada kolom akibat gaya gempa, yang
- dapat menyebabkan lepasnya girder dari bearing/dudukannya, perlu untuk dipasang stopper.
0 komentar:
Posting Komentar